7 Peranan dan Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia

7 Peranan dan Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia - Keberadaan tumbuhan paku di ekosistem kita ternyata sedikit banyak telah menyumbang beragam manfaat bagi kehidupan manusia. Tidak hanya tumbuh dan berkembang biak, tumbuhan paku juga memberikan peranan penting bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Pada artikel kali ini kita akan membahas peranan dan manfaat tumbuhan paku bagi kehidupan manusia tersebut lengkap dengan disertai contoh-contohnya. Silakan disimak!

Manfaat Tumbuhan Paku
Tumbuhan paku adalah jenis tumbuhan yang telah ada sejak zaman karbon atau zaman awal pembentukan bumi. Tumbuhan ini diperkirakan sudah hidup di permukaan bumi sejak 400 juta tahun yang lalu. Awalnya jenis paku yang hidup pada masa itu berukuran sangat besar. Mereka mengalami evolusi dan seleksi alam sehingga ukurannya berubah seperti sekarang.

Peranan dan Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia
Pada masa modern seperti saat ini, keberadaan tumbuhan paku dimanfaatkan oleh manusia untuk beragam keperluan. Peranan dan manfaat tumbuhan paku  utamanya terkait dengan nilai estetika sebagai tanaman hias, pemenuhan kebutuhan makanan sebagai sayuran, sebagai pupuk hijau, bahan obat herbal, bahan bangunan, dan sebagai alat pembersih.



1. Tanaman hias
Kodrat manusia sebagai mahluk yang menyukai keindahan memang tidak bisa dipungkiri. Keberadaan tumbuhan paku yang memiliki nilai-nilai estetis dari susunan akar, batang, dan daun kemudian mendorong manusia menjadikannya sebagai tanaman hias. Beberapa jenis tumbuhan paku, seperti Adiantum cuneatum, Asplenium nidus, Adiantum farleyense, Alsophila glauca, Platyceriumbifurcatum, dan Sellaginella wildenowii banyak dibudidayakan sebagai penghias rumah dan taman.

2. Sayuran
Manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Selain mengutamakan jumlah, manusia secara umum menginginkan makanan dengan nilai gizi tinggi. Keberadaan tumbuhan paku seperti Marsilea crenata telah membantu manusia dalam menemukan diversifikasi jenis makanannya yang baru. Manfaat tumbuhan paku tersebut utamanya dijadikan sebagai sayuran dan sumber serat.

3. Pupuk hijau
Kemampuan tumbuhan paku yang dapat mengikat N di udara seperti yang dimiliki Salvinia natans dan Azolla pinnata juga dimanfaatkan manusia dalam kegiatan budidaya pertanian. Kedua tumbuhan tersebut mampu bersimbiosis dengan Anabaena sp. ( sejenis alga yang membantu fiksasi nitrogen) membuat mereka memiliki kandungan nitrogen yang tinggi. Kandungan inilah yang dimanfaatkan sebagai pupuk hijau oleh para petani.

4. Obat Herbal
Beberapa peranan dan manfaat tumbuhan paku juga terkait erat dengan dunia medis. Tumbuhan paku kawat (Lycopodium clavatum) yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan pil, Dryyopteris filix-mas yang dimanfaatkan untuk mengobati cacingan, serta Alsophila glauca atau pakis haji yang digunakan untuk mengobati sakit perut atau mencret merupakan contoh sederhana dari peranan tumbuhan paku dalam dunia kesehatan.

5. Bahan bangunan dan Properti
Alsophila glauca atau pakis haji adalah contoh tumbuhan paku yang memiliki banyak sekali manfaat. Selain pucuknya dapat dimasak dan dijadikan makanan, daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan atap rumah tradisional. Serat jenis paku ini juga dapat dijadikan pengganti kapas sebagai bahan pengisi bantal dan kasur. Di Jerman komoditas tumbuhan paku satu ini bahkan dihargai dengan sangat mahal.

6. Alat pengosok
Equisetum debile atau paku ekor kuda juga memiliki manfaat bagi manusia. Manfaat tumbuhan paku ini adalah sebagai alat gosok atau sikat pembersih karena serat yang dimilikinya halus dan tak mudah patah.

7. Sumber Energi Fosil
Beragam jenis tumbuhan paku yang hidup pada masa silam terdekomposisi dan berubah menjadi fosil. Sebagian besar energi yang tersimpan dalam tubuh tumbuhan fosil tersebut kemudian terakumulasi membentuk sebuah lapisan karbon di dalam tanah. Lapisan inilah yang kemudian dimanfaatkan manusia sekarang sebagai bahan bakar energi fosil berupa batu bara.

Nah, demikianlah beberapa peranan dan manfaat tumbuhan paku bagi kehidupan manusia. Dari uraian tersebut, dapat kita ambil kesimpulan bahwa ternyata tumbuhan paku bukan hanya bersifat merugikan sebagai hama. Dengan ketelitian dan pemahaman yang tepat, mereka juga dapat dimanfaatkan untuk segala keperluan kita. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Peranan dan Manfaat Tumbuhan Paku bagi Kehidupan Manusia"

Posting Komentar