Struktur Tubuh dan Macam Macam Bentuk Virus Dan Gambar

Struktur Tubuh dan Macam Macam Bentuk Virus + Gambar - Virus adalah parasit mikroskopik yang hanya dapat hidup dan bereproduksi dengan menginfeksi sel organisme hidup. Karena struktur tubuh virus begitu berbeda bila dibandingkan dengan struktur tubuh makhluk hidup lainnya, hingga kini, para ilmuan masih berdebat tentang apakah virus dapat digolongkan sebagai makhluk hidup atau tidak. 

Virus tidak mempunya sitoplasma dan organel sel lainnya, oleh karena itu ia tidak dapat melakukan metabolisme seperti sel hidup. Virus dianggap sebagai suatu sistem paling sederhana dalam sistem genetika modern. Berikut akan kami sampaikan penjelasan mengenai struktur tubuh virus lengkap dengan macam macam bentuk virus sebagai gambaran bagi Anda untuk mengenali organisme satu ini.

Struktur Tubuh Virus Secara umum, struktur tubuh virus terdiri atas 4 bagian utama, yaitu kepala, isi tubuh, ekor, dan kapsid.

Macam Macam Bentuk Virus

Struktur Tubuh Virus

1. Kepala
Virus memiliki kepala berisi DNA atau RNA yang menjadi bahan genetik kehidupannya. Isi kepala ini dilindungi oleh kapsid, yaitu selubung protein yang tersusun oleh protein. Bentuk kapsid sangat bergantung pada jenis virusnya. Kapsid virus bisa berbentuk bulat, polihedral, heliks, atau bentuk lain yang lebih kompleks. Kapsid tersusun atas banyak kapsomer atau sub-unit protein.

2. Isi Tubuh
Isi tubuh virus atau biasa disebut virion, adalah bahan genetik yang berupa salah satu tipe asam nukleat (DNA atau RNA). Tipe asam nukleat yang dimiliki virus akan mempengaruhi bentuk tubuh virus. Virus dengan isi tubuh berupa RNA biasanya berbentuk menyerupai kubus, bulat, atau polihedral, contohnya pada virus-virus penyebab penyakit polyomyelitis, virus influenza, dan virus radang mulut dan kuku.

3. Ekor
Ekor merupakan bagian dalam struktur tubuh virus yang berfungsi sebagai alat untuk menempelkan diri pada sel inang. Ekor yang melekat di kepala ini umumnya terdiri atas beberapa tabung tersumbat yang berisi benang dan serat halus. Adapun pada virus yang hanya menginveksi sel eukariotik, bagian tubuh ini umumnya tidak dijumpai. [Baca Juga : Perbedaan Siklus Litik dan Lisogenik]

4. Kapsid
Kapsid adalah lapisan berupa rangkaian kapsomer pada tubuh virus yang berfungsi sebagai pembungkus DNA atau RNA. Fungsi kapsid ini adalah sebagai pembentuk tubuh dan pelindung bagi virus dari kondisi lingkungan luar.

Macam Macam Bentuk Virus
Meski tersusun atas struktur tubuh yang sama, virus ternyata dapat mempunyai bentuk tubuh yang sangat bervariasi. Sedikitnya ada 5 macam bentuk tubuh virus yang telah berhasil diidentifikasi oleh para ilmuan. Macam-macam bentuk virus tersebut antara lain oval, bulat, batang, polihedral, dan huruf T. Berikut macam-macam bentuk tubuh virus tersebut lengkap dengan contohnya.

Macam Macam Bentuk Virus


  1. Bentuk tubuh bulat dimiliki oleh virus-virus penyebab penyakit AIDS, ebola, dan influenza.
  2. Bentuk tubuh oval dimiliki oleh virus penyebab penyakit rabies.
  3. Bentuk tubuh batang dimiliki oleh virus TMV (Tobaccao Mosaic Virus).
  4. Bentuk tubuh polihidris dimiliki oleh virus Adenovirus penyebab demam.
  5. Bentuk tubuh huruf T pada bacteriophage, virus menyerang bakteri E. coli.


Nah, demikianlah sekilas pemaparan mengenai struktur tubuh virus beserta macam macam bentuk virus yang dapat kami sampaikan di artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda dalam memperluas wawasan seputar ilmu virologi. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Struktur Tubuh dan Macam Macam Bentuk Virus Dan Gambar"

Posting Komentar