20 Contoh Daun Menyirip, Gambar, dan Keterangannya

20 Contoh Daun Menyirip, Gambar, dan Keterangannya - Daun pada tumbuhan akan selalu dilengkapi dengan tulang daun. Tulang daun adalah bagian daun yang berfungsi memberi kekuatan pada helaian daun sekaligus berfungsi sebagai berkas pengangkut zat-zat hasil fotosintesis. Berdasarkan bentuknya, tulang daun dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu tulang daun menyirip, menjari, sejajar, dan tulang daun melengkung. Pada artikel kali ini kita akan membahas satu persatu bentuk tulang daun tersebut lengkap beserta contohnya. Yang pertama, mari kita bahas contoh daun menyirip!

Daun menyirip (penninervis) adalah daun dengan tulang yang tersusun seperti sirip ikan. Daun ini memiliki satu ibu tulang yang memanjang dari pangkal hingga ke ujung daun. Dari ibu tulang tersebut keluar anak-anak tulang daun yang tersusun seperti sirip ikan. Daun dengan bentuk tulang menyirip biasanya dimiliki oleh contoh tumbuhan dikotil. Beberapa contoh daun menyirip di antaranya antara lain daun mangga, daun kakao, daun nangka, daun melinjo, daun kenanga, daun rambutan, daun beringin, daun jambu air, daun jambu biji, daun mahoni, dan lain sebagainya.  

Berikut akan kita bahas contoh-contoh daun menyirip tersebut lengkap dengan gambar ilustrasinya!
Contoh Daun Menyirip


Contoh Daun Menyirip

1. Daun Mangga
Mangga termasuk tumbuhan dikotil. Bijinya membelah ketika sedang mengalami perkecambahan. Oleh karenanya, tanaman ini memiliki daun dengan tulang yang menyirip. Berikut ini adalah gambar daun mangga yang tulangnya menyirip tersebut!

2. Daun Kakao
Daun kakao (Theobroma cacao L.) merupakan contoh daun menyirip. Sama seperti daun mangga, daun kakao juga memiliki satu ibu tulang daun yang menjadi pokok menempelnya anak tulang daun secara menyirip. Berikut ini gambar dari daun kakao tersebut.

3. Daun Nangka
Nangka juga termasuk contoh tanaman yang memiliki daun dengan tulang menyirip. Struktur tulang daunnya berbentuk menyerupai sirip tulang ikan. Tanaman ini juga termasuk contoh tumbuhan dikotil yang memiliki biji belah saat melakukan perkecambahan.

4. Daun Melinjo
Melinjo merupakan contoh tumbuhan biji tertutup (angiospermae). Kendati tidak termasuk contoh tumbuhan dikotil, melinjo ternyata termasuk tumbuhan dengan tulang daun menyirip. Bila tak percaya, lihatlah gambar daun melinjo di atas.

5. Daun Kenanga
Bunga kenanga banyak dipelihara sebagai penghias pekarangan rumah. Daun bunga kenanga ini juga termasuk contoh daun menyirip. Coba perhatikan susunan tulang daunnya, persis seperti susunan tulang ikan bukan?

6. Daun Rambutan
Siapa yang tak suka rambutan? Rasanya yang manis membuat kita semua begitu menggemarinya. Nah, perlu diketahui, rambutan juga ternyata merupakan tumbuhan dengan tulang daun menyirip. Daun tumbuhan ini memiliki satu ibu tulang daun yang menjalar dari pangkal hingga ujung. Dari ibu tulang daun tersebut akan muncul anak tulang daun di kiri dan kanannya. 

7. Daun Beringin
Contoh daun menyirip juga kita dapat temukan pada daun beringin. Meski tulang daunnya terlihat tipis dan tidak jelas, jika kita identifikasi secara detail tulang daun beringin ternyata juga menyerupai susunan tulang ikan.

8. Daun Jambu Biji
Daun jambu biji yang bermanfaat untuk mengobati diare ternyata juga termasuk contoh daun menyirip. Hal ini berarti menandakan bahwa tumbuhan jambu biji juga termasuk tumbuhan dikotil yang berbiji belah saat berkecambah.

9. Daun Salam
Daun yang sering digunakan sebagai bumbu masakan ini termasuk ke dalam contoh daun bertulang menyirip. Selain bermanfaat sebagai bumbu masak, daun salam juga sering digunakan sebagai obat herbal darah tinggi, asma, dan prostat.

10. Daun Mahoni
Daun mahoni sering digunakan sebagai pestisida nabati untuk mengatasi serangan hama pada tanaman petani. Jika kita identifikasi, daun mahoni juga termasuk contoh daun dengan tulang yang menyirip.

Nah, itulah beberapa contoh daun menyirip yang dapat kita temukan pada beberapa tumbuhan. pada artikel selanjutnya kita akan membahas daun dengan jenis tulang daun yang lain. Kita akan membahas tentang contoh daun menjari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Contoh Daun Menyirip, Gambar, dan Keterangannya"

Posting Komentar