5 Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan beserta Penjelasannya

5 Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan beserta Penjelasannya - Mengalami pertumbuhan dan perkembangan adalah 2 ciri utama mahluk hidup. Setiap mahluk hidup pasti mengalami kedua hal ini sebagai hasil dari proses metabolisme yang dilaluinya. Dalam obrolan sehari-hari, kita pun tentu sering mendengar istilah pertumbuhan dan perkembangan. Secara sederhana, kedua istilah ini memang terlihat memiliki makna yang hampir sama. Namun, jika ditinjau secara spesifik dari sisi ilmu biologi, keduanya ternyata mempunyai arti yang berbeda. Apa saja perbedaan pertumbuhan dan perkembangan jika ditinjau dari sisi ilmu biologi? Berikut pemaparannya untuk dapat Anda pahami!

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan
Sebelum membahas tentang apa saja perbedaan pertumbuhan dan perkembangan, ada baiknya kita pahami dulu apa sih sebetulnya pengertian dari pertumbuhan dan perkembangan itu?

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan


Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan dapat diartikan sebagai suatu proses bertambahnya ukuran mahluk hidup, mulai dari volume, tinggi, atau massa tubuhnya. Adapun perkembangan adalah suatu proses yang dilalui mahluk hidup dalam mencapai kedewasaan atau kesempurnaan secara fisiologis. Contoh pertumbuhan adalah pertumbuhan tinggi dan berat badan, sedangkan contoh perkembangan misalnya manusia yang mulai dapat berbicara dan berjalan atau kematangan buah dan biji pada tumbuhan.

Dari pengertian di atas, dapat kita simpulkan bahwa perbedaan pertumbuhan dan perkembangan terletak pada 5 hal, yaitu cara pengukuran, keterlihatan, keterulangan, keterbatasan, dan faktor yang mempengaruhinya. Secara lebih jelas, perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dapat dilihat pada tabel berikut:

PerbedaanPertumbuhanPerkembangan
Cara MengukurBersifat kuantitatif sehingga dapat digambarkan dalam bilanganBersifat kualitatif sehingga tidak dapat digambarkan dalam bilangan
KeterlihatanDapat dilihat secara fisikTidak dapat dilihat secara fisik, melainkan secara fisiologis
KeterbatasanProsesnya terbatas usiaProsesnya tidak terbatas usia
KeterulanganBersifat irreversible atau tidak dapat terulangBersifat reversible atau dapat terulang
Faktor yang MempengaruhiDipengaruhi pembelahan selDipengaruhi pengalaman
1. Cara Mengukur
Pertumbuhan bersifat kuantitatif, artinya pertumbuhan dapat digambarkan dengan ukuran atau bilangan, misalnya pertumbuhan panjang 5 cm, pertumbuhan berat badan sebanyak 4 kg, dan lain sebagainya. Sedangkan perkembangan bersifat kualitatif, artinya pertumbuhan tidak dapat digambarkan dengan bilangan. Contohnya kemampuan berbicara terbata-bata hingga lancar, kemampuan dan perkembangan biji.

2. Keterlihatan
Pertumbuhan dapat diidentifikasi secara fisik dari kenampakan luar, sedangkan perkembangan hanya dapat diidentifikasi secara fisiologis dari kenampakan dalam. Mengukur pertumbuhan dapat dengan mudah dilakukan karena dapat langsung dilihat dengan mata, sedangkan mengukur perkembangan lebih rumit dan kompleks. 

3. Keterbatasan
Pertumbuhan merupakan proses yang dibatasi oleh waktu atau usia, contohnya pertumbuhan dalam proses pembentukan tulang yang terhenti pada usia 30-35 tahun, sedangkan perkembangan adalah proses yang tidak terbatas waktu. Perkembangan berlangsung terus menerus seiring pertambahan usia melalui siklus yang hanya terhenti karena kematian.

4. Keterulangan
Pertumbuhan bersifat irreversible, artinya ia tidak dapat kembali terulang melalui suatu siklus. Sedangkan perkembangan bersifat reversible, artinya ia dapat kembali terulang sesuai dengan siklusnya. 

5. Faktor yang Mempengaruhi
Pertumbuhan diperoleh lewat pembelahan sel melalui meiosis dan mitosis, sedangkan perkembangan diperoleh lewat pengalaman dari mahluk hidup yang menjalaninya. Meski dalam hal ini perbedaan pertumbuhan dan perkembangan terlihat sangat jelas, akan tetapi keduanya tetap dipengaruhi oleh faktor yang sama. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan antara lain genetik, hormon, nutrisi, dan lingkungan sekitar.  

Nah, demikianlah pemaparan mengenai 5 perbedaan pertumbuhan dan perkembangan yang dapat kami jelaskan pada kesempatan ini. Semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan Anda terkait bab pertumbuhan dan perkembangan di kelas XII. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan beserta Penjelasannya"

Posting Komentar